Kurikulum

kurikulum pembelajaran Hindu

6 Tanggapan

  1. Kurikulum Pembelajaran Hindu
    OLEH: IGN.Suardeyasa

    Desain kurikulum bermacam-macam, disesuaikan dengan pencerapan terhadap berbagai prinsip-prinsip yang ada, yakni: prinsip efektifitas, prinsip akuntabilitas, prinsip efisiensi dan prinsip-prinsip yang lainnya.
    Kemudian tidak kalah pentingnya, desain kurikulum pembelajaran Hindu disesuaikan dengan Desa, Kala, Tattwa, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat, serta tuntutan kebutuhan kekinian dan masa yang akan datang.
    Bisa saja kurikulum berdasarkan atas desain Tematik, Desain Multikultur, Desain Kontekstual dan sebagainya. Desain kurikulum ini sebagian besar mengikuti teori-teori kurikulum Barat yang telah tersebar dan banyak diterapkan di Negara-negara maju, seperti Inggris, amerika, Australia, dan Malaisya.
    Kedepanya, desain kurikulum Pendidikan Agama Hindu mengarah kepada desain dengan menggunakan ajaran-ajaran yang ada dalam Pustaka Suci Hindu (Weda). Misalkan Desain Tri Semaya, atau desain yang lainnya.
    Bidang ini, sama sekali belum ada yang menyentuhnya, mari berbuat dari sekarang? pikirkan desain kurikulum dan pembelajaran yang berdasarkan ajaran Hindu?.
    Suksma Arde

  2. sukseme mang,…..

  3. disinilah pentingnya kita memadukan antara ilmu dengan realita yg ada. sistem bagus belum tentu cocok dengan masalah dan lingkungan yg sedang dihadapi.

  4. Pak….ada ga contoh silabus dsn rpp agama hindu untu sd….salam kenal tetlebuh dahulu…..tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: