RPP & SILABUS SESUAI PERMENDIKNAS 41 TH.2007 BERKARAKTER BANGSA

Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sesuai Standar Proses Pendidikan

( Permendiknas No. 41 Th. 2007 & Berkarakter Bangsa)

11

 

Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu
Kelas/Semester : I/1
  1. Standar Kompetensi
: 3. Mengenal sikap – sikap sembahyang 
  1. Kompetensi Dasar
: 3.2 Mempraktekkan sikap Tri Sandhya
  1. Indikator Pencapaian Kompetensi
: 3.2.1 Melatih sikap asana
  1. D.  Nilai Pendidikan Karakter

– Disiplin, Mandiri, Religius, Tanggung jawab

  1. Tujuan Pembelajaran: 

Tujuan pembelajaran yang ingin di capai dalam pembelajaran selama 3 X 35 menit ini adalah

  1. Siswa dapat mencari sikap-sikap asana dalam sembahyang dalam teks pelajaran
  2. Siswa dapat menunjukkan gambar sikap-sikap asana dalam buku pelajaran
  3. Siswa mampu mendemonstrasikan sikap-sikap asana
  1. Materi Pembelajaran :

Jenis – jenis Asana:

  1. Silasana, sikap sembahyang untuk laki-laki
  2. Padasana, sikap sembahyang berdiri tegak
  3. Padmasana, sikap sembahyang sila (bunga padma/lotus)
  4. Bajrasana (sikap sembahyang untuk perempuan)
  5. Sawasana (sikap sembahyang bagi orang sakit dengan badan tidur)
  1. G.    Alokasi Waktu: 3 X 35 Menit
  1. KKM :

I. Metode Pembelajaran     :

  1. Pendekatan           : CTL, Pakem dan Eksplorasi, elaborasi, konfirmasi
  2. Model                    : Multi model Direct learning (DL) /Pembelajaran Langsung
  3. Metode                  : ceramah, demonstrasi, tanya jawab, presentasi,

J.Kegiatan Pembelajaran

Sintaks

Kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

Wkt

Metode

 Fase IMenyampaikan tujuan mempersiapkan siswa Kegiatan AwalApersepsi :

Dengan bertanya materi sebelumnya dan kesiapan siswa.

Anak- anak minggu lalu kita telah mempelajari jenis-jenis sikap sembahyang? Coba sebutkan dua saja.

Motivasi :

Anak- anak, dengan sikap sembahyang yang baik, kita akan dapat melaksanakan persembahyangan dengan baik pula

Anak- anak hari ini ibu guru akan menjelaskan tentang sikap sembahyang untuk laki-laki dan perempuan

Tujuan

Kalian mampum menghayati dan mengubah prilaku berakhlak mulia dan menunjukkan sikap yang baik dan benar.

Mencari sikap-sikap asana dalam teks pelajaran (eksplorasi) 15

menit

 

Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi

 

Fase 2Membimbing pelatihan Kegiatan inti:– melakukan bimbingan secara terus menerus (DRILL) tentang contoh- contoh sikap asana Membimbing siswa untuk mencari gambar sikap-sikap asana dalam buku teks pelajaran (elaborasi) 20 Menit Ceramah, tanya jawab, dan   demonstrasi
Fase 3Mendemonstrasikan cara yang baik dan benar -Secara Deklaratif  menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan tentang sikap asana Menunjukkan gambar sikap-sikap asana dalam buku pelajaran (Elaborasi) 30 Menit Tanya jawab, DRILL presentasi
Fase 4Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik  Mengevaluasi hasil demonstrasi, memberikan koreksi, umpan balik dan penguatan –          Mendemonstrasikan sikap-sikap asana (Elaborasi)-          Membuat kesimpulan tentang sikap-sikap asana 20 Menit Demonstrasi, tanya jawab
Fase 5

Memberikan latihan dan penerapan konsep

 Kegiatan penutup :

REFLEKSI

Guru bertanya: anak- anak bagaimana perasaan kalian  setelah belajar pada hari ini senang bukan? Apa saja yang sudah kalian pelajari, apa manfaat dari pembelajaran bagi kehidupan kalian.

–          Penugasan:

Kerjakan buku paket kalian halaman

–          Membuat kesimpulan tentang sikap-sikap asanaMembuat kesimpulan tentang sikap-sikap asana

–          Mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru sesuai dengan materi yang telah diajarkan

25 Menit Penugasan

 

 

 

K. Penilaian Hasil Belajar:

  1. Non tes: penilaian unjuk kerja dan sikap ( apektif ), Penilaian Karakter Bangsa

DAFTAR OBSERVASI

No

Instrumen

Penilaian

(diisi dengan tanda Ö)

Indikator

1

2

3

4

5

1 Siswa menemukan gambar sikap-sikap asana dalam buku pelajaran (psikomotorik) Indikator 1
2 Menunjukkan gambar sikap-sikap asana dalam buku pelajaran (kognitif)
3 Siswa dapat menirukan sikap-sikap asana dengan baik dan benar (psikomotorik)
4 Memiliki motivasi dalam pembelajaran (apektif)

Penilaian Karakter Bangsa

5 Siswa dapat mengikuti pelajaran dengan disiplin (disiplin)
6 Siswa memiliki sikap percaya diri dalam mencari sikap asana dalam buku teks pelajaran (mandiri)
7 Siswa dapat dengan seksama menunjukkan sikap asana sebagai cara untuk bersembah sujud kepada Ida Sang Hyang widi Wasa (religiusitas)
8 Siswa memiliki tanggung jawab terhadap hasil pencarian dan diskusi dalam kelompoknya masing-masing (tanggung jawab)

Jumlah

Keterangan Skor: 1. Sangat kurang, 2. Kurang, 3. Sedang, 4. Baik, 5. Sangat baik

 

  1. L.        Sumber dan Media Pembelajaran
  2. Buku Pendidikan Agama Hindu Kelas 1 ( Semara Ratih ) dan Widya Dharma Agama Hindu 1
  3. 2.      Gambar contoh – contoh gambar asana
Mengetahui

Kepala Sekolah

Kubu,

Guru Mata Pelajaran

 

2 Tanggapan

  1. knapa tidak lengkap rpp pendidikan agama hindu ??? bagaimana cara mendownload rpp agama hindu..

  2. kami hanya menyediakan sampel saja, jika berminat kami bisa membantu untuk mengetikan, dan mengirimkan. Mohon pengganti biaya ketik dan pengiriman…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: