CATATAN TENTANG EDS (EVALUASI DIRI SEKOLAH)

EDS (EVALUASI DIRI SEKOLAH), sesungguhnya baik sekali untuk dikuasai oleh guru-guru. sebab didalamnya terdapat 26 penjabaran dari 8 Standar Pendidikan Nasional (Standar Isi, Proses, Kelulusan, Pendidik & Tenaga Kependidikan, Sarana & Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan, serta standar Penilaian), selanjutnya dijabarkan ke dalam 62 Indikator lagi, dari masing-masing Standar tersebut.

Manfaatnya adalah, bagi guru-guru merupakan ringkasan seluruh harapan yang digariskan dalam PP 8 standar tersebut..seluruh aktivitas guru yang kurang, dapat terlihat jelas dalam penjabaran EDS ini, terutama dalam Penjabaran indikator EDS On line (off line).

misalkan Menguraikan RPP, sesuai dengan tuntutan standar isi, proses sudah dijabarkan dalam EDS sangat detil sekali…dan tahapan demi tahapan, guru akan mengetahui, seluruh kekuatan dan kelemahan dirinya sendiri, tanpa harus membohongi diri sendiri.

Pikiran yang selalu tercekoki oleh prinsipASAL BAPAK SENANG, dalam EDS diupayakan agar dihapuskan saja.. sebab pengisian evaluasi diri erat kaitannya dengan keburukan dan kelebihan sekolah masing-masing. Namun hal inilah yang diupayakan oleh EDS agar seluruh lini yang berkepentingan dalam pendidikan merasa MEMILIKI dan BERPERAN DALAM PENDIDIKAN. BAIK ATAU BURUK ADALAH MILIK KITA!,

Salam Pendidikan!!

2 Tanggapan

  1. Om Swastiastu

    Salam kenal dan salam rahayu buat Bli lan Mbok sekeluarga, semoga artikel-artikel Hindu di blog ini semakin bermanfaat bagi kita dan masyarakat

  2. inggih sukseme…..mari bergabung……!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: