Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Oleh IGN.Suardeyasa

Posisi mendasar penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif dapat dilihat dari dua contoh cerita berikut:

Penelitian Kualitatif

Tujuan ingin ke Singaraja, masalahnya di Kota Singaraja bisa sampai dengan cepat dan aman. Si Pelaksana adalah peneliti sendiri yang mengendarai motor, mengalami sendiri penelitian.

Pengumpulan Data dilakukan dengan pengalaman peneliti yang telah pernah mengendarai motor ke Singaraja dengan cepat sampai dan aman. Untuk memastikan kecepatan dan rasa aman, peneliti juga harus mewawancarai orang-orang yang ahli dan sudah pernah mengendarai sepeda motor ke Singaraja dengan cepat dan aman sampai di tujuan. Atau melalui tulisan-tulisan orang-orang yang pernah ke singaraja dengan cepat sampai dan aman. Jadi penelitian kualitatif tidak perlu mencoba-coba ke Singaraja sampai bolak-balik. Ketepatan datanya melalui kros cek antara data observasi, wawancara, dan studi kepustakaan.

Penelitian Kuantitatif

Penelitian ini berupaya dengan sabar, tujuannya ke Singaraja dengan cepat dan nyaman. Peneliti dapat menebak hasilnya dengan hipotesis: dengan sepeda motor dapat mencapai Singaraja dengan cepat dan aman dalam waktu 120 menit. Peneliti belum pernah sama sekali pergi ke Singaraja sehingga harus menguji tebakannya itu sesuai dengan hipotesisnya.

Metode penelitiannya melalui sebagian besar menggunakan rumus-rumus yang pasti, seperti menguraikan jarak antara Amlapura posisi Awal dengan Singaraja seperti pendapat para ahli, misalkan jaraknya adalah 60 Km, dengan kecepatan 80Km/jam. Maka hasilnya sudah pasti, adalah hasil penyelesaiaan rumus antara Waktu, Jarak dan Kecepatan tersebut. Subjeknya lebih besar menggunakan orang lain, para peneliti lebih baik berada di luar lapangan.

Sekian

Santih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: