PENGGUNAAN TEKNIK NYAYA DARSANA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP AJARAN WIDI TATTWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI KELAS IV SD NEGERI 6 TIANYAR BARAT

Oleh:
IGN.Suardeyasa

ABSTRAK

Bagi anak-anak sekolah dasar akan mengalami kesulitan dalam memahami tattwa agama Hindu, jika tidak menggunakan suatu teknik. Misalkan saja memperkenalkan adanya ajaran Panca Sraddha; memperkenalkan ajaran Widi Tattwa, memperkenalkan ajaran tentang atman, begitu juga dengan ajaran karma phala dan punar bhawa serta moksa. Siswa akan dibawa pikirannya mengawang-awang tidak menemukan sebuah objek kongkrit yang dapat dijadikan contoh baginya mengenai objek yang abstrak tersebut. Demikian halnya di kelas IV SD Negeri 6 Tianyar Barat, guru Agama Hindu berusaha mendesain pembelajaran dengan menggunakan teknik nyaya darsana, mengungkap permasalahan: (1) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa tentang ajaran Widi Sraddha setelah menggunakan teknik Nyaya bagi siswa kelas IV di SDN 6 Tianyar Barat?; (2) Bagaimana penggunaan teknik Nyaya dalam memberikan pemahaman tentang ajaran Widi Sraddha bagi siswa kelas IV di SDN 6 Tianyar Barat?
Hasil Penelitian: Peneliti menggunakan prinsip-prinsip constructivisme dalam pembelajaran, yakni: siswa dimintai keterangan mengenai cara yang mereka sukai. Dari hasil potting tersebut, disepakati dalam kelas melaksanakan diskusi kelompok. Kelas dibagi menjadi 5 kelompok dan diberi nama menggunakan nama-nama para dewa seperti Brahma, Wisnu, Siwa, Iswara, Maheswara, Rudra dan sebagainya. Nama-nama ini dipilih oleh siswa sesuai dengan kehendaknya sendiri, namun guru memberikan petunjuk agar menggunakan nama-nama dewa dalam Hindu, hal ini agar memudahkan siswa untuk mengingat nama-nama dewa dalam Hindu. Masing-masing kelompok diserahkan selembar kertas kerja, yang berisi sub bahasan yang didiskusikan dalam kelompok, diantaranya adalah: (1) coba tuliskan nama-nama Dewa-Dewi dalam Hindu maksimal 10; (2) menuliskan sifat-sifat Tuhan; (3) menuliskan sloka tentang kemahakuasaan Tuhan (lihat buku Semara Ratih 4); (4) mencari dan menuliskan bait Tri Sandya yang menggungkan nama-nama Ida Sang Hyang Widi Wasa; (5) menuliskan tugas Dewa Tri Murti dalam ajaran Tri Kona; (6) tuliskan cara untuk mengetahui bahwa Tuhan itu ada.
Teknik Nyaya dapat digunakan secara efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa di SD Negeri 6 Tianyar Barat, ini dibuktikan dengan perolehan nilai siswa yang meningkat dari rata-rata 7,0 meningkat menajdi 7,8 dan 7,2. Dengen prosentase keberhasilan pada siklus ke 2, pencapaian nilai 7 mencapai 80,48%, perolehan nilai 8 mencapai 12,19%, sedangkan perolehan nilai 9 mencapai 7,31%.

Kata Kunci: Teknik Nyaya Darsana, Widi Tattwa, Pendidikan Agama Hindu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: