WKMH Sulra Adakan Dharma Wacana di Muna “Upacara Banyak Dipertanyakan”

Dharma wacana kali ini dilaksanakan 14-15 Agustus 2009, di Desa Sukadamai Kecamatan Kambara Kabupaten Muna, yang dibawakan oleh Prof.IB.Gunada dan Drs. IB.Buda Yoga, M.Si, kegiatan ini pertama di Muna.
Semangatnya dari pelaksanaan pengabdian masyarakat di tahun 2005 lalu, kali ini pengabdian masyarakat dipusatkan di satu lokasi, dengan harapan agar dapat lebih menyatu dengan masyarakat.
Menurut ketua WKMH ketika ditemui Media Hindu setelah usai kegiatan tersebut mengatakan kegiatan pembukaan Dharma Wacana dan Dharma Pasraman ini dihadiri oleh PHDI Provinsi diwakili oleh Duta Dharma Provinsi Sulawesi Tenggara K.Dharma Parsua, PHDI Kabupaten Muna, PHDI Kecamatan Kambara, PHDI Desa Sukadamai, Peradah dan para undangan kurang lebih 150 orang.
Kegiatan ini dibuka oleh PHDI Provinsi Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh K.Dharma Parsua, S.Ag, setelah itu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari PHDI Kabupaten dan Kecamatan.
Dharma Wacana dan Dharma Tula yang dibawakan oleh Prof. IB.Gunada dan IB.Buda Yoga yang direkomendasikan dari Pemerintah Daerah Provinsi Bali disambut antusias oleh masyarakat di Kecamatan Kambara Kabupaten Muna tersebut.
Materi yang disampaikan oleh Prof.IB.Gunada terbilang masih umum dan mengglobal, sedangkan materi IB.Buda Yoga banyak menyangkut hal upacara yang ada di Bali, acara yang dimulai dari pkl 17.00 diakhiri pada pukul 23.00 waktu setempat.
Antusias masyarakat mengenai materi Dharma Wacana dan Dharma Tula ini adalah mengenai pelaksanaan upacara-upacara agama Hindu di Bali agar dapat disesuaikan dengan kondisi di Kabupaten Muna tersebut.
Kadek Yogi sebagai ketua organisasi menyampaikan susah senangnya dengan diberikan kepercayaan melaksanakan pengabdian masyarakat ini dengan dukungan Pemerintah Daerah Provinsi Bali, Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng, Dirjen Bimas Hindu.
Sambungnya lagi, meskipun dalam perjalanan sempat mengalami hambatan, kapal boot yang ditumpangi panitia dari Kendari ke Muna mengalami kebakaran, namun dapat diselamatkan oleh petugas kapal, dengan semangat yang penuh akhirnya kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat Hindu di Muna sejak bertahun-tahun ini dapat terselesaikan.
Ada hal yang menarik dari pelaksanaan kegiatan ini, para pembicara dan panitia dapat membaur penuh rasa kekeluargaan dengan masyarakat Hindu di Kecamatan Kambara tersebut, para pembicara sempat bermalam di rumah PHDI Kecamatan bersama-sama dengan Duta Dharma dari provinsi Sulawesi Tenggara.
Mereka diajak untuk menikmati rasa kekeluargaan masyarakat Hindu yang masih alami, buah-buahan yang segar, daging babi yang segar, dan dapat berdialog langsung dengan masyarakat yang mengais kehidupan di daerah rantauan.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga diisi dengan Dharma Pasraman, yang dimulai pada 15.00 keesokan harinya, pesertanya dari tingkat SD-SMA se kabupaten Muna, jumlah peserta 150 orang, materi pasraman. Tattwa Hindu, dibawakan oleh Kadek Yogiarta. Etika yowana Hindu dibawakan oleh Gede Mustika, S.Ag, yoga asanas dibawakan Ayu Sunia Wati, upakara dan ulat-ulatan dibawakan oleh Kadek Suwerta, acara ini dilaksanakan sampai pukul 23.00. ditutup secara resmi oleh 22.00 oleh Bendahara PHDI Kabupaten Muna.

Keterangan Gambar:
Dari Kiri Ke Kanan, Kadek Suwerta Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat, Ketut Mariati, S.Ag Moderator, K.Dharma Parsua, S.Ag Duta Dharma Provinsi Sulawesi Tenggara, Prof.IB.Gunada Pendharma Wacana, Drs. IB.Buda Yoga, M.Si pendharma wacana, Ketua PHDI Kecamatan Kambara, Mangku Pura Desa di Desa Sukadamai.
SUMBER: http://www.mediahindu.net

2 Tanggapan

  1. TERIMAKASIH GUS, BERITANYA, INI BARU NAMANYA SARJANA, SEORANG SADU..SELALU BERBAGI ILMU

  2. demikianlah seharusnya seorang sarjana……..!!! seorang sarjana pada waktu dahulu, betul-betul seperti tempaan emas….hasilnya sungguh mengkilat dan murni. Soekarno mampu menjadi seorang revolusioner….dan berdiri membacakan PROKLAMASI dihadapan seluruh dunia….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: