KEYAKINAN HINDU

Beberapa kepercayaan Hinduism;

1. Hindu percaya akan yang dan semua yang Tertinggi dapat meresap menjadi kedua-duanya yang membangkitkan semangat dan tetap ada.
2. Hindus percaya akan ketuhanan dari empat Veda.
3. Hindu percaya bahwa alam semesta mengalami siklus ciptaan tak ada akhirnya, pemutusan dan pemeliharaan.
4. Hindu percaya akan karma, hukum penyebab dan efek.
5. Hindus percaya bahwa jiwa menjelma.
6. Hindu percaya bahwa mahluk Ilahi ada di dalam dunia tak terlihat.
7. Hindus percaya bahwa seorang guru diterangi, atau satguru adalah penting untuk mengetahui Kemutlakan.
8. Hindu percaya bahwa semua hidup suci, untuk; menjadi mencintai dan dipuja-puja, dan oleh karena itu praktek ahimsa, non-violence, dalam hati, perbuatan dan kata. – Hindu percaya bahwa tidak hanya satu agama memberi pengajaran satu-satunya cara ke keselamatan.

diterbitkan oleh: http://www.hindu.blogspot.com, yang ada di Texas sana.

Pada dasarnya ada lima dasar keyakinan Hindu disebut dengan Panca Sraddha yakni:
1. Percaya dengan adanya Brahman, dengan konsepsinya Tuhan Maha Kuasa (Prabhu Sakti), tidak terbatas, menguasai segalanya, Maha Mengetahui (Jnana Sakti), Maha Bekerja (Krya Sakti), Maha Ada (Wibhu Sakti); serta dapat disebut dengan banyak nama, akan tetapi Tuhan dalam Hindu tunggal.
2. Percaya dengan adanya sang Jiwa Abadi (Atman); badan terdiri dari badan wadag (Stula Sarira); badan halus/badan atman (Suksma Sarira0, dan badan penyebab (Antahkarana Sarira); badan wadag tersusun atas Pertiwi (Tanah), Apah (Air), Teja (Panas/Cahaya), Bayu (angin), Akasa (Ruang), serta unsur Buddhi, Manas dan Ahamkara serta Mahatma.
3. Percaya dengan adanya Hukum Karma (Karma Phala), sancita hasil perbuatan dahulu sebagai penentu kehidupan sekarang; prababda hasil perbuatan yang habis dinikmati pada kehidupan ini; dan kryamana hasil perbuatan sebagai penentu kehidupan yang akan datang.
4. Percaya dengan adanya Punarbhawa, bahwa kelahiran yang sekarang berasal dari kehidupan yang dahulu, dan sekaligus lahir berulang-ulang sebelum mencapai muksah.
5. Percaya dengan adanya Muksah, keabadian yakni bersatunya Atman (sang Jiwa) dengan Brahman. Dalam pandangan Hindu, sebelum mencapai muksah ada kondisi yang disebut dengan neraka, sebagai kondisi atas perbuatan dosa, Ayathana adalah kondisi penentuan antara Neraka dan Sorga, Sorga sebagai kondisi kebahagiaan sementara sebagai bagian dari perbuatan baik.

Kelima ajaran tersebut mendasari kepercayaan dengan adanya Leluhur (para pahlawan) yang bersumber dari Pustaka Suci Veda, sumber dari segala sumber pengetahuan,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: