Clliford Geertz: Setidak-tidaknya Masih Hindu

Oleh: I Gst. Nyoman Suardeyasa

Bagi para intelektual jarang yang tidak mengenal Clliford Geertz, oleh karena hasil penelitiannya serta pandangan-pandangannya terhadap keagamaan di Indonesia yang ternama.

Karyanya yang paling monumental, adalah munculnya teori simbol. Yang meramalkan bahwa segala sesuatunya terdiri dari simbol, warna adalah simbol jika dikaitkan dengan bendera merah putih, Anoa juga dijadikan sebagai simbol kebanggaan provinsi Sulawesi Tenggara, begitu juga dengan burung Kasuari sebagai simbol yang diagungkan bagi masyarakat Papua sana.

Demikian juga pada sebuah situs webs yang dapat diresearch secara acak melalui google, sungguh membuat terbuka mata, betapa tidak sebagian besar orang-orang Indonesia menurut kaca mata Geertz ada budaya Hindu yang tidak dapat ditinggalkan oleh agama lain.

Dicap tidak murni, lantaran ceramah tidak merujuk kitab suci, mulai dari pakaian, makanan halal, hingga kebiasaan-kebiasaan lain semua harus merujuk kebudayaan dimana agama itu berkembang. Pada suatu ketika wacananya mengkait-kaitkan ajaran agamanya dengan wayang, yang mengambil lakon Gatot Kaca.

Diibaratkan, Gatot Kaca itu sufi ia satria-pandita. Tiap saat seperti tidur, padahal berdoa kepada Tuhan. Jasad di bumi, roh menemui Tuhan. Ini turu lali, mripat turu, ati tangi (mata tidur hati melek), seperti olah batin dalam dunia kaum sufi. Biar masih muda, hidup Gatot Kaca seimbang, satu kaki di dunia satu lagi di akhirat.

Penceramah itu lalu menyebut-nyebut ajaran Mahabarata yang telah mengakar pada masyarakat Jawa, alasannya siapa yang tidak mengenal dan menggunakan salah satu dari bagian Itihasa itu. Dunia sudah memakainya lebih dari ribuan tahun yang lalu.

Pandangan Geertz mengenai hal itu, setidak-tidaknya mereka masih Hindu. jika itu ditolak olehnya, itu tidak logis, karena dari kalangan umat itu sendiri muncul interupsi, kalau agama yang asli harus sama seperti di daerah asalnya.
Copy of cliford Geetz”> download Cliford Geertz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: