Pembelajaran Tematik

PEMBELAJARAN TEMATIK MATA PELAJARAN AGAMA HINDU TINGKAT SEKOLAH DASAR
OLeh: I Gst.Nyoman Suardeyasa, S.Ag

Dasar Pemikiran
Tematik begitu istilah pembelajaran yang dilakukan bagi anak Sekolah Dasar. Pola dasar yang diinginkan model pembelajaran ini adalah pertemuan antara berbagai materi pelajaran dalam setiap kali tatap muka dengan siswa.
Harapannya, siswa akan memiliki kecakapan yang komprehensif tentang materi pelajaran Agama Hindu. Seperti diketahui bahwa Agama Hindu adalah way of life, Weda sifatnya mengalir sebagai sungai ilmu pengetahuan yang luas dan terbilang majemuk serta lengkap.
Materi Weda ini berusaha disisipkan dalam setiap kali pembelajaran, misalkan saja, Pengetahuan Alam dalam Weda, Pengetahuan Sosial dalam Weda, Wedik Matematik, Bahasa Weda (Jawa Kuno, Bhs.Bali, Sansekerta), Susila Hindu, Filsafat Hindu, Upacara Hindu dan sebagainya.

Aplikasinya dalam Pembelajaran Agama Hindu
Sejauh ini penulis melihat dan mengobservasi serta melaksanakan sendiri model tematik ini, terbentur pada kemampuan seorang pendidik untuk merangkum materi-materi Weda kedalam pembelajaran. Bagaimanapun juga memulai yang baru pasti menemukan hambatan yang sedikit tidaknya menantang bagi kalangan pendidikan pada tingkat Sekolah Dasar.

Hambatan Aplikasi
Halnya, seorang Guru mesti banyak-banyak membaca literatur Weda yang mendukung rangkuman materi pembelajaran tersebut. Selama ini para guru masih kurang literatur dan belum mau bersusah payah untuk menggali potensi tersebut dalam ajaran Weda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: